Kamis, 04 September 2008

sharing kesehatan

Jari Kesemutan-Leher Nyeri Pertanda Apa?

Dokter Indra yang terhormat, salam kenal. Saya seorang pria berusia 50 tahun. Sudah dua bulan ini, semua jari tangan sebelah kanan saya terasa kesemutan. Leher serta bahu kanan juga sakit. Kalau bahu saya gerak-gerakkan, kesemutan semakin meningkat. Sejak empat bulan yang lalu hingga sekarang, saya olahraga fitness menggunakan beban di tangan. Sakit apa ya, Dok, saya ini? Terima kasih banyak, Dok, atas jawabannya.

Didik Suharyanto, Sidoarjo

Jawaban:

Salam kenal juga Bapak Didik. Kesemutan merupakan tanda awal adanya gangguan pada tubuh kita. Banyak penyebab kesemutan. Di antaranya trauma pada saraf, tertekannya saraf/pembuluh darah, penjepitan saraf, neuropati, kencing manis, stroke, hipotiroid, serta posisi yang tidak benar.

Untuk membedakan penyebab kesemutan, diperlukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang. Kalau membaca keluhan Bapak, kesemutan pada kelima jari serta nyeri leher dan bahu adalah tanda penurunan suplai saraf atau pembuluh darah yang ke arah jari-jari tangan kanan.

Pengaruh latihan penguatan otot pada tempat fitness yang Bapak lakukan akan memperbesar otot-otot daerah bahu. Pembesaran otot-otot ini akan mempersempit rongga-rongga yang dilewati saraf atau pembuluh darah yang akhirnya mengakibatkan timbulnya kesemutan.

Penyakit yang Bapak derita disebut Thoracic Outlet Syndrome. Penyebab yang tersering adalah kelainan anatomi daerah bahu; kelainan postur, terutama daerah bahu; trauma karena mengangkat tali tas pada bahu; gerakan berulang-ulang pada bahu; obesitas; dan kehamilan.

Untuk memastikan penyakit tersebut, dibutuhkan pemeriksaan fisik. Bila tidak jelas dalam pemeriksaan fisik, diperlukan pemeriksaan tambahan, yaitu X Ray, EMG, dan MRI. Dengan pemeriksaan itu, bisa diketahui apakah Bapak mengalami pengapuran atau tidak.

Untuk mengurangi keluhan, Bapak perlu melakukan latihan luas gerak sendi, latihan postur, latihan relaksasi, dan minum obat-obatan. Untuk mendapatkan latihan yang benar, Bapak perlu berkunjung ke rumah sakit terdekat yang mempunyai fasilitas rehabilitasi medik. Mudah-mudahan bisa membantu Bapak. (*)

dr Indra Tjahjono SpRM

Spesialis Rehab Medik

Tidak ada komentar: