Kamis, 04 September 2008

tips olahraga saat puasa

Kurangi Jam Berolahraga

MENJALANKAN ibadah puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Aktivitas fisik tersebut tetap harus dijalankan supaya tubuh tetap bugar dan prima.

Namun, karena hampir seharian tubuh tak mendapatkan asupan makanan dan minuman, pilih olahraga ringan yang tidak menguras tenaga.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah aerobik jenis low-impact. ''Meski gerakannya mudah dan ringan, aerobik ini ampuh membuat tubuh bugar,'' ujar Ismawardi, gym manager Atlas Sports Club.

Olahraga sebaiknya dilakukan menjelang waktu berbuka dan di ruang tertutup. Harapannya, tubuh tidak terlalu banyak terkena sengatan sinar matahari. Sebab, suhu yang panas membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Badan pun terasa semakin lemas.

Porsi latihan sebaiknya dikurangi 50 persen dari biasanya. Misalnya, yang biasanya dua jam latihan menjadi satu jam. Maklum, tenaga yang dihimpun tidak sebanyak hari biasa. Tenaga harus disisakan untuk aktivitas lain.

Menurut Ismawardi, berolahraga terlalu berat hendaknya dihindari. Sebab, hal itu akan menguras energi sehingga membuat puasa tak optimal. Dia juga mengingatkan agar tak lupa melakukan pemanasan sebelum aerobik. ''Ini wajib supaya tubuh tidak cedera saat berlatih,'' tutur pria yang juga personal trainer tersebut.

Tidak ada komentar: