Kamis, 04 September 2008

tips memilih kosmetik

Cermati Label pada Kemasan Kosmetik
Menjadi Penanda Kandungan Produk


MEMILIH produk perawatan kecantikan tidak boleh sembarangan. Pilihannya harus tepat. Bila ngawur, kesehatan kulit taruhannya. Nah, berkaitan dengan ketepatan pilihan itu, sekarang kita dibantu dengan pelabelan yang tertera pada kemasan produk kecantikan.

Labelnya beragam. Mulai non-comedogenic, fragrance free, hypoallergenic, dermatologist tested, hingga oil free. Ada baiknya istilah tersebut tidak sekadar dibaca. Pahami dan pelajari pengaruhnya terhadap kulit. Menurut dr Debby Susanti, konsultan Miracle Aesthetic Clinic Surabaya, ragam pelabelan merupakan penanda kandungan pada produk.

---

Non-comedogenic

Label itu menandakan produk kosmetik tidak mengandung bahan yang memicu munculnya komedo. ''Komedo muncul lantaran sumbatan pada pori-pori,'' jelasnya. Sumbatan bisa berupa kotoran atau berasal dari bahan kosmetik. Nah, produk kosmetik non-comedogenic ini tidak mengandung bahan-bahan itu.

Semua jenis kulit sah-sah saja mengaplikasikan produk ini. Tetapi, mereka yang memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak lebih cocok menggunakannya. ''Sebab, pori-pori besar lebih mudah dimasuki kotoran dan mudah berjerawat,'' ujar Debby.

Hypoallergenic

Tanda ini untuk menunjukkan produk kosmetik tersebut sedikit mengandung atau bahkan tidak mengandung sama sekali bahan-bahan penyulut alergi. Dijelaskan Debby, beberapa bahan kosmetik memang menimbulkan masalah pada kulit sensitif.

Beberapa tanda alergi, antara lain, muncul rasa gatal, merah, dan bengkak. Penyebab masalah itu bisa berasal dari pewangi, pewarna, ataupun pengawet yang terkandung di dalam kosmetik. Pada produk hypoallergenic, porsi ketiga bahan tersebut dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

Free Fragrance

Menurut Debby, kosmetik dengan label tersebut berarti tidak mengandung pewangi. Sama halnya dengan produk hypoallergenic, maka kosmetik free fragrance juga untuk meminimalkan risiko alergi akibat pewangi. ''Pada mereka yang sensitif, bahan pewangi memungkinkan iritasi kulit,'' ujarnya. Produk-produk dengan label ini biasanya berupa produk bedak, pembersih muka, dan cleansing milk (susu pembersih).

Dermatologist Tested

Label ini, maksudnya, kosmetik telah diuji oleh ahli kulit dan kecantikan. Bila telah tertera tanda tersebut, kosmetik atau produk perawatan telah jelas kandungannya.

Oil Free

Produk dengan label itu tanpa kandungan minyak. Sebagai gantinya, digunakan bahan dasar air. ''Karena bebas minyak, maka produk dengan label oil free tak akan membuat kulit lebih berminyak. Sehingga, risiko datangnya jerawat bisa dihindari,'' tegasnya.

Tidak ada komentar: