Sabtu, 23 Agustus 2008

info sehat

Air Minum Bisa Kedaluwarsa

Tidak hanya makanan, air minum kemasan pun bisa kedaluwarsa. Sama halnya dengan makanan, kondisi kedaluwarsa itu bisa diketahui dari fisik. Utamanya, air terlihat keruh. Bila dibiarkan, air akan berbau, mengendap, dan berasa. Karena itu, melihat tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada botol kemasan tersebut penting. Itu kerap luput dari perhatian.

Selain memperhatikan fisik air minum, kemasan turut diperhatikan betul. Pastikan segel tidak terbuka untuk meyakinkan bahwa air minum itu tidak tercemar.

Mengonsumsi air kedaluwarsa atau yang rusak secara kimiawi tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Pertama, bila air tersebut rusak secara kimiawi, mungkin yang terjadi adalah muncul penyakit-penyakit ganas seperti kanker. Penyakit itu memang tidak akan muncul dalam tempo singkat. Efeknya baru akan terlihat dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Bila yang rusak adalah mutu biologis, mungkin yang muncul ialah infeksi karena bakteri. Supaya hal tersebut tidak terjadi, teliti air kemasan sebelum membeli.

Tidak ada komentar: