Sabtu, 23 Agustus 2008

info ttg KB

Kontrasepsi Oral VS Hiperandrogen

Alat kontrasepsi pada dasarnya berguna untuk mengatur terjadinya kehamilan. Bermacam-macam alat kontrasepsi beredar di pasaran, dari sterilisasi, IUD, implant, pil KB sampai kondom. Namun, kontrasepsi oral atau pil KB lebih memiliki keunggulan. Hal itu terungkap dalam media edukasi yang diselenggarakan Bayer Schering Pharma, Kamis (14/2).

DENGAN CPA
"Kontrasepsi oral (pil KB) yang mengandung Etinil Estradiol dan Ciproteron Asetat (CPA) telah diteliti dan dipercaya dalam penggunaannya," jelas dr. Frizal Irmansyah, SpOG (K) dari RS Pusat Pertamina. Pil KB juga memiliki keunggulan lainnya seperti memiliki kontrol siklus yang baik, menghilangkan nyeri ovulasi dan rasa sensitif pada payudara. "Berdasarkan uji klinik, dengan pil KB, terjadi hanya 2 kehamilan dalam 21,000 siklus," ujar Frizal.

MENGATASI HIPERANDROGEN
CPA yang dikandung dalam pil KB, bersifat antiandrogen. Artinya dapat digunakan untuk terapi gejala hiperandrogen pada wanita. "Hiperandrogen adalah keadaan di mana androgen meningkat secara abnormal atau bekerja berlebihan. Gejalanya kulit berminyak bahkan berjerawat, hirsutisme, yaitu pertumbuhan rambut abnormal pada wanita, menyerupai pola pertumbuhan rambut pada pria seperti tumbuh rambut di atas bibir, dagu, jambang, dada, perut, paha, pubis. "Terjadi Policystic Ovary Syndrome (PCOS), yaitu gangguan spesifik yang heterogen dengan perubahan sekresi gonadotrofin, anovulasi kronik, dan hiperandrogenisasi serta resistensi insulin," terang Frizal.

BER-KB DAN CANTIK
Pil KB plus CPA dapat mengatur hormon estrogen dan progesteron (hormon reproduktif) serta hormon androgen (penyebab jerawat dengan memproduksi minyak berlebihan pada kulit). Pil KB plus CPA menghambat estrogen alami dan produksi progesteron oleh ovarium sehingga menghambat pertumbuhan dan pelepasan folike. Selain itu, pil KB plus CPA juga memblok efek androgen dan mengurangi jerawat baru dan bintik hitam. "Oleh karena itu," lanjut Frizar, "pil KB dengan CPA merupakan pilihan bagi wanita yang membutuhkan kontrasepsi dan ingin memiliki kulit yang bersih.

Tidak ada komentar: