Sabtu, 23 Agustus 2008

Tubuh Sehat, Seks Hebat Bukan Impian

Memiliki kehidupan seks sehat saat berusia 70 atau 80 tahun bukanlah sesuatu yang mustahil. Hal tersebut sudah terbukti lewat penelitian Edward Laumann, sosiolog University of Chicago. Dia menemukan, hampir 68 persen pria berusia 57-85 tahun mengaku melakukan seks tahun lalu. Sementara itu, yang wanita, angkanya mencapai 42 persen. Total responden yang terlibat adalah 1.550 wanita dan 1.455 pria.

Menurut Laumann, sebenarnya jumlah wanita yang ingin berhubungan intim pada usia tersebut sangat tinggi. Namun, mereka terbentur satu masalah. Yakni, belum menemukan pria sebaya yang bisa diajak berhubungan seksual. "Orang sehat bisa melakukan seks sampai tua. Usia bukan halangan. Sering yang menjadi masalah adalah diabetes dan tekanan darah tinggi," jelasnya.

"Yang menjadi masalah penting bukan tua, melainkan sehat," kata Dr Virginia Sadock, seksolog New York University Langone Medical Center. Biasanya, yang menghalangi orang tua berhubungan seksual adalah mereka mengidap penyakit menular seksual (PMS) atau mengalami gangguan fisik. Misal, diabetes dan tekanan darah tinggi. Bisa juga, mereka mengalami gangguan mental atau kesulitan menjalin hubungan sosial.

Sadock menyebutkan, PMS membuat wanita kesakitan saat berhubungan badan. Sedangkan untuk pria, PMS membuat mereka tidak bisa menikmati seks. Fakta lain yang ditemukan Sadock menunjukkan, baik pria maupun wanita yang mengalami gangguan ereksi atau menurunnya gairah seks biasanya pernah mengalami infeksi saluran kencing.

"Pria juga menganggap hubungan sosial bisa memengaruhi gairah dan orgasme," ungkapnya. "Jangan mengira hanya karena tua, lantas kehidupan seksual Anda hilang. Kalau sehat serta memiliki hubungan dengan seseorang dan kehidupan seks selama muda, Anda akan punya kehidupan seks hebat pada masa tua," tegasnya.

Tidak ada komentar: